Indonesia Updates
Bahan BakarOtomotif

Era Pertalite Selesai? bersiap Sambut BBM Bioetanol yang Lebih ‘Kinclong’!

×

Era Pertalite Selesai? bersiap Sambut BBM Bioetanol yang Lebih ‘Kinclong’!

Sebarkan artikel ini
Image Credit CNBC Indonesia
Image Credit CNBC Indonesia

INDONESIAUPDATES.COM, OTOMOTIF – Pernahkah Anda merasa khawatir dengan asap kendaraan yang pekat? Nah, ada kabar terbaru! Pemerintah bersama Pertamina berencana menghapus Pertalite secara bertahap. Sebagai gantinya, bahan bakar ramah lingkungan dengan kualitas lebih baik akan segera hadir, yaitu Bioetanol!

Bye-bye Pertalite, Welcome Bioetanol!

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan telah mengonfirmasi rencana penghapusan Pertalite. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi emisi gas buang dan tentunya membuat udara yang kita hirup lebih bersih.

Apa itu Bioetanol?

Bioetanol adalah bahan bakar nabati yang terbuat dari fermentasi tumbuhan berpati seperti singkong, tebu, atau jagung. Dibanding Pertalite, Bioetanol memiliki angka oktan (RON) yang lebih tinggi dan emisi gas buang yang lebih rendah. Artinya, pembakaran mesin kendaraan akan lebih efisien dan ramah lingkungan.

Masih Dapat Subsidi?

Tenang, rencana penghapusan Pertalite ini tidak serta merta menghilangkan subsidi BBM. Pemerintah akan tetap memberikan subsidi khusus untuk Bioetanol, namun hanya kepada masyarakat yang tidak mampu dan layak menerimanya.

Kapan Bioetanol Hadir?

Belum ada tanggal pasti kapan Bioetanol akan resmi menggantikan Pertalite. Namun, pemerintah dan Pertamina sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya. Nantikan update selanjutnya!

BACA :   E-Tilang Lewat WhatsApp: Sah atau Penipuan?

Harga BBM Terbaru

Meskipun Pertalite belum dihapus, beberapa SPBU swasta seperti Shell, Vivo, dan BP AKR sudah menyesuaikan harga BBM mereka di bulan Mei 2024. Sementara itu, harga BBM Pertamina, termasuk Pertalite, masih belum mengalami perubahan.

Mari Hijaukan Indonesia!

Penggunaan Bioetanol merupakan langkah positif menuju lingkungan yang lebih bersih dan sehat. Dengan bahan bakar yang lebih ramah lingkungan, kita bisa bernapas lega dan berkontribusi mengurangi polusi udara.

Yuk, ikuti perkembangan informasi terbaru seputar Bioetanol dan dukung gerakan Indonesia yang lebih hijau!


Pertanyaan Umum ‘FAQ’: Bioetanol – BBM Masa Depan Indonesia?


Penghapusan Pertalite:

  • Mengapa Pertalite dihapus?

    • Pertalite dihapus untuk mengurangi emisi gas buang dan beralih ke bahan bakar yang lebih ramah lingkungan.
  • Kapan Pertalite dihapus?

    • Tanggal pasti penghapusan Pertalite belum diumumkan, namun pemerintah dan Pertamina sedang mempersiapkan penggantinya.

Bioetanol – Sang Pengganti:

  • Apa itu Bioetanol?

    • Bioetanol adalah bahan bakar nabati yang terbuat dari tumbuhan berpati seperti singkong, tebu, atau jagung.
  • Apa keuntungan Bioetanol dibandingkan Pertalite?

    • Bioetanol memiliki angka oktan (RON) lebih tinggi dan emisi gas buang lebih rendah, sehingga pembakaran mesin lebih efisien dan ramah lingkungan.
BACA :   E-Tilang Lewat WhatsApp: Sah atau Penipuan?

Subsidi dan Harga:

  • Apakah Bioetanol tetap disubsidi?

    • Ya, pemerintah akan tetap memberikan subsidi khusus Bioetanol, namun hanya kepada masyarakat yang tidak mampu dan layak menerimanya.
  • Bagaimana dengan harga BBM sekarang?

    • Harga BBM Pertamina, termasuk Pertalite, masih belum berubah. Beberapa SPBU swasta lain seperti Shell, Vivo, dan BP AKR telah menyesuaikan harga BBM mereka di bulan Mei 2024.

Informasi Tambahan:

  • Di mana bisa mendapatkan informasi terbaru tentang Bioetanol?

    • Anda dapat mengikuti perkembangan informasi di website resmi Pertamina, Kementerian ESDM, atau media terpercaya.
  • Bagaimana cara mendukung gerakan Indonesia yang lebih hijau?

    • Selain mendukung penggunaan Bioetanol, Anda juga bisa berkontribusi dengan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi, beralih ke transportasi umum, dan menjaga lingkungan sekitar.

IKUTI INDONESIAUPDATES.COM DI GOOGLE NEWS