Indonesia Updates
InternasionalBerita

TikTok Lawan Om Sam: Adu Goyang atau Diasingkan?

×

TikTok Lawan Om Sam: Adu Goyang atau Diasingkan?

Sebarkan artikel ini
Image Credit Mac Rumors - TikTok menggugat Amerika Serikat karena menolak dianggap mengancam keamanan nasional.
Image Credit Mac Rumors - TikTok menggugat Amerika Serikat karena menolak dianggap mengancam keamanan nasional.

INDONESIAUPDATE.COM, INTERNASIONAL – Lupakan dulu Challenge Renegade, ada tren baru di kota – pertarungan hukum! TikTok sedang berhadapan dengan pemerintah AS di pengadilan federal. Kenapa mendadak panas? Karena Om Sam mengancam akan memberi tombol “unsubscribe” permanen pada TikTok – blokir nasional.

Masalahnya? Legislator Amerika khawatir kepemilikan TikTok dari China, ByteDance, bisa menjadi risiko keamanan nasional. Mereka menuntut agar TikTok memutus hubungan dengan ByteDance dan mencari pemilik baru dari Amerika, kalau tidak, tamatlah riwayat aplikasi ini.

Tapi TikTok nggak mau kalah begitu saja. Mereka bergoyang mengikuti irama Amendemen Pertama, mengklaim larangan tersebut melanggar kebebasan berbicara. Jutaan orang Amerika menggunakan TikTok, dan aplikasi ini berpendapat larangan tersebut akan membungkam suara dan kreativitas mereka. Mereka juga mengatakan tidak ada bukti nyata bahwa TikTok adalah ancaman keamanan, menyebutnya tuduhan tak berdasar.

TikTok bilang batas waktu untuk mencari pemilik baru sama sekali tidak realistis. Ini mimpi buruk logistik, teknologi, dan hukum sekaligus.

Jadi, apa langkah selanjutnya dalam adu goyang digital ini? TikTok ingin pengadilan menyatakan larangan tersebut inkonstitusional dan menghentikan pemerintah untuk menerapkannya. Pertempuran hukum ini bisa memakan waktu berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun.

BACA :   Kasus Pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon: Kejanggalan dan Peran Otto Hasibuan Menggemparkan Publik

Apa artinya ini buat kamu, penggemar berat TikTok?

  • Kalau TikTok menang, larangan tersebut bisa dicabut, dan kamu bisa terus scrolling untuk melihat video kucing tanpa henti (atau apa pun kesukaanmu).
  • Kalau TikTok kalah, mereka harus mencari pemilik baru dari Amerika atau menghadapi pemblokiran total di AS.
  • Situasi ini bisa berdampak pada platform media sosial lain, menimbulkan pertanyaan tentang kepemilikan dan potensi intervensi pemerintah.

Tonton terus! Drama ini belum berakhir. Kami akan terus mengabari kamu mengenai perkembangan terbaru dalam pertarungan TikTok vs. AS.


Pertanyaan Umum ‘FAQ’: TikTok vs. Pemerintah AS – Adu Goyang di Pengadilan


Apa yang terjadi?

TikTok sedang digugat oleh pemerintah Amerika Serikat (AS). AS mengancam akan memblokir TikTok secara nasional jika mereka tidak memutus hubungan dengan perusahaan induknya, ByteDance, yang berbasis di China.

Kenapa AS melarang TikTok?

AS khawatir kepemilikan TikTok oleh ByteDance bisa menjadi risiko keamanan nasional. Mereka menduga data pengguna bisa diakses oleh pemerintah China.

Apa yang dilakukan TikTok?

BACA :   Kencan MiChat Berujung Maut, Jasad Perempuan Muda Ditemukan Tersembunyi di Lemari Kos!

TikTok menggugat larangan tersebut ke pengadilan federal. Mereka berpendapat larangan tersebut melanggar kebebasan berbicara yang dilindungi Amendemen Pertama Konstitusi AS. TikTok juga membantah tuduhan bahwa mereka menjadi ancaman keamanan.

Apa argumen lain dari TikTok?

TikTok berpendapat bahwa batas waktu yang diberikan pemerintah AS untuk mencari pemilik baru tidak realistis. Hal ini dinilai terlalu rumit dari segi logistik, teknologi, dan hukum.

Bagaimana kelanjutan kasus ini?

TikTok meminta pengadilan untuk menyatakan larangan tersebut inkonstitusional dan menghentikan pemerintah AS untuk menerapkannya. Proses hukum ini diperkirakan akan memakan waktu lama.

Apa dampak potensial dari kasus ini?

  • Jika TikTok menang, larangan tersebut bisa dicabut dan pengguna tetap bisa mengakses TikTok di AS.
  • Jika TikTok kalah, mereka harus mencari pemilik baru dari Amerika atau diblokir total di AS.
  • Kasus ini bisa berdampak pada platform media sosial lain dan menimbulkan pertanyaan tentang kepemilikan perusahaan teknologi oleh asing.

Di mana saya bisa mendapatkan informasi terbaru?

Tetap ikuti perkembangan berita untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai kasus TikTok vs. pemerintah AS.


IKUTI INDONESIAUPDATES.COM DI GOOGLE NEWS