Indonesia Updates
HobiBinatangKucingLainnya

Dunia Unik Pehobi Kucing Kontes: Cinta dan Dedikasi yang Tak Ternilai

×

Dunia Unik Pehobi Kucing Kontes: Cinta dan Dedikasi yang Tak Ternilai

Sebarkan artikel ini
Image Credit Febri Nugroho / Tirto.id - Komunitas kompetisi (cat show) cattery hingga cinta & dedikasi di balik hobi unik ini.
Image Credit Febri Nugroho / Tirto.id - Komunitas kompetisi (cat show) cattery hingga cinta & dedikasi di balik hobi unik ini.

INDONESIAUPDATES.COM, HOBI – Dunia hobi memelihara hewan peliharaan semakin beragam. Tak hanya anjing atau burung, kucing pun kini menjadi primadona dengan munculnya tren kucing kontes. Para pecinta kucing kontes ini rela menggelontorkan dana hingga puluhan juta rupiah untuk merawat dan mengikuti kompetisi kucing.

Biaya perawatan yang fantastis ini terbilang kontras dengan hadiah kontes kucing yang biasanya berupa piagam penghargaan. Namun, bagi para pehobi, nilai kepemilikan dan kepuasan batin jauh melampaui nilai finansial.

Dari Kecintaan Hewan Peliharaan menjadi Gaya Hidup

Jessica Virgoria (22), misalnya, adalah salah satu penggemar kucing kontes asal Solo. Ia memiliki belasan kucing dari berbagai ras, seperti British Short Hair, Mainecoon, hingga Persia. Jessica mengaku ketertarikan awalnya pada kucing didasari keinginan memiliki teman bermain di rumah.

“Senang melihatnya, kaya merasa memiliki anak untuk diperhatikan setiap harinya,” ujar Jessica.

Perasaan ini kemudian berkembang menjadi keinginan untuk menambah koleksi kucing. Namun, Jessica menekankan pentingnya kesiapan finansial dan waktu untuk merawat mereka. Biaya bulanan yang dikeluarkan Jessica untuk kucing peliharaannya bisa mencapai Rp 1,5 juta hingga Rp 2,5 juta.

Komunitas dan Kompetisi: Saling Berbagi dan Pamer Anabul

Kecintaan terhadap kucing biasanya berawal dari komunitas. Di komunitas tersebut, para pehobi saling bertukar ilmu dan pengalaman. Tak jarang, dari kebersamaan ini muncul keinginan untuk memamerkan kucing peliharaan mereka dalam kontes kucing atau “cat show”.

“Awalnya bertemu teman-teman sesama pencinta kucing. Dari situ mulai ingin menunjukkan kelucuan kucing kita,” tutur Jessica.

Kontes kucing sendiri memiliki kategori penilaian tersendiri, seperti anatomi, kesehatan, karakteristik, dan kemurnian ras. Juri yang didatangkan, bahkan dari luar negeri, akan menilai para peserta berdasarkan standar perawatan dan karakteristik masing-masing ras.

BACA :   Optimalkan Potensi Bisnis Anda dalam Sebulan dengan Layanan Cetak Profesional

Para pecinta kucing mengejar piagam penghargaan dari berbagai kategori yang dipertandingkan. Piagam ini nantinya akan meningkatkan nilai anabul mereka, yang dapat berpengaruh pada harga dan kualitas keturunannya.

Dari Pehobi hingga Peternak: Lahirnya Cattery

Tren kucing kontes turut memunculkan profesi peternak kucing yang biasa disebut “cattery”. Cattery tak hanya merawat, tetapi juga mengembangbiakkan kucing-kucing kontes. Keuntungan dari kucing peraih juara kontes dapat meningkatkan nama baik cattery dan berdampak pada harga jual anakannya.

Meski harga anakan kucing kontes bisa melambung tinggi, pemilik cattery tak selalu mementingkan keuntungan. Mereka biasanya akan lebih selektif dalam memilih calon pemilik baru yang dapat merawat kucing dengan baik.

“Kita bukan berpatokan pada harga anakan anabul yang bisa mahal kalau induknya sering menjuarai kontes. Sebelum berpindah tangan, kita tetap akan melihat siapa yang akan merawat mereka,” ujar Jessica, pemilik Aziza Cattery.

Dunia pehobi kucing kontes menawarkan perspektif baru dalam memelihara hewan peliharaan. Ini bukan sekadar hobi, namun dedikasi dan cinta yang tak ternilai terhadap kucing kesayangan.


Pertanyaan Umum ‘FAQ’: Dunia Unik Pehobi Kucing Kontes


1. Apa yang dimaksud dengan kucing kontes?

Kucing kontes adalah kucing ras yang dirawat dan diikutsertakan dalam kompetisi kucing atau “cat show”. Para pemiliknya rela mengeluarkan biaya besar untuk perawatan dan mengikuti kompetisi ini.

2. Berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengikuti tren kucing kontes?

Biaya perawatan kucing kontes bisa mencapai jutaan rupiah per bulan. Biaya ini digunakan untuk makanan khusus, vitamin, dan perawatan kesehatan rutin.

BACA :   Tangguh di Bidang Otomotif, Astra International Buka Lowongan Analis Keamanan!

3. Mengapa hadiah kontes kucing biasanya berupa piagam penghargaan, padahal biayanya mahal?

Para pehobi kucing kontes biasanya tidak mengejar hadiah berupa uang. Mereka justru lebih mementingkan piagam penghargaan sebagai bentuk pengakuan atas kualitas kucing peliharaan mereka. Piagam ini nantinya dapat meningkatkan nilai kucing tersebut, yang berpengaruh pada harga dan kualitas keturunannya.

4. Apa yang dicari dalam kontes kucing?

Kontes kucing memiliki kategori penilaian tersendiri, seperti:

  • Anatomi: Kesesuaian bentuk tubuh dengan standar ras
  • Kesehatan: Kondisi kesehatan kucing secara menyeluruh
  • Karakteristik: Kepribadian dan temperamen yang sesuai dengan ras
  • Kemurnian ras: Silsilah dan keaslian ras kucing

5. Apa itu Cattery?

Cattery adalah sebutan untuk peternakan kucing ras. Cattery tidak hanya merawat kucing kontes, tetapi juga mengembangbiakkan mereka. Biasanya, kucing peraih juara kontes dapat meningkatkan nama baik cattery dan berdampak pada harga jual anakannya.

6. Apakah pemilik Cattery hanya mementingkan keuntungan dari penjualan anakan kucing?

Tidak selalu. Pemilik Cattery yang bereputasi baik akan lebih selektif dalam memilih calon pemilik baru. Mereka akan memastikan calon pemilik tersebut mampu merawat kucing dengan baik sebelum menyerahkannya.

7. Intinya, apa yang membuat orang tertarik dengan dunia pehobi kucing kontes?

Dunia pehobi kucing kontes menawarkan perspektif baru dalam memelihara hewan peliharaan. Ini bukan sekadar hobi, namun dedikasi dan cinta yang tak ternilai terhadap kucing kesayangan. Para pehobi rela mengeluarkan biaya dan tenaga untuk merawat dan mengikuti kompetisi demi kepuasan batin dan kebanggaan memiliki kucing berkualitas.