Indonesia Updates
JakartaBeritaNasional

KPK Bantah Klaim Staf Hasto Dibentak dan Siap Berikan Bukti CCTV

×

KPK Bantah Klaim Staf Hasto Dibentak dan Siap Berikan Bukti CCTV

Sebarkan artikel ini
Image Credit Candra Yuri Nuralam/Medcom.com - Gedung Merah Putih KPK.
Image Credit Candra Yuri Nuralam/Medcom.com - Gedung Merah Putih KPK.

INDONESIAUPDATES.COM, NASIONAL – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menepis klaim staf Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Kusnadi, yang mengaku dibentak hingga trauma saat diperiksa penyidik terkait kasus suap buronan Harun Masiku. KPK menyatakan siap menyerahkan rekaman CCTV untuk membuktikan proses pemeriksaan dan menegaskan bahwa penyidik bekerja profesional sesuai dengan undang-undang.

Juru Bicara KPK, Tessa Mahardhika Sugiarto, menyatakan kesiapan KPK untuk membuka rekaman CCTV dan audio dari proses pemeriksaan Kusnadi kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebenaran tuduhan yang disampaikan Kusnadi.

“Penyidik siap membuka segala bentuk dokumentasi kegiatan penyidikan, baik CCTV maupun rekaman audio, sehingga dapat dilihat apakah tuduhan yang disampaikan oleh yang bersangkutan benar atau tidak,” kata Tessa di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Jumat (14/6/2024).

Lebih lanjut, Tessa meragukan klaim trauma yang dialami Kusnadi karena dibentak penyidik. Ia meyakini bahwa penyidik KPK profesional dan bekerja sesuai dengan prosedur yang berlaku.

“Pada prinsipnya penyidik profesional, saya yakin penyidik profesional dan transparan ya,” ujar Tessa.

Meskipun Kusnadi mengaku trauma, KPK tetap berencana memanggilnya kembali untuk dimintai keterangan terkait kasus suap Harun Masiku.

“Pemanggilan yang bersangkutan (Kusnadi) nanti akan disampaikan apabila sudah ada informasi dari penyidik,” ucap Tessa.

BACA :  Pemuda di Sukabumi Tega Bunuh Ibu Kandung dengan Garpu Tanah, Motif Masih Misterius

Sebelumnya, Kusnadi melalui kuasa hukumnya, Ronny Talapessy, meminta KPK menjadwalkan ulang pemanggilannya karena masih trauma akibat dibentak dan merasa dibohongi oleh penyidik.

KPK juga membantah tudingan undangan dadakan yang diajukan oleh kuasa hukum Kusnadi lainnya, Petrus Selestinus. Tessa menegaskan bahwa surat panggilan telah disampaikan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Kasus ini masih terus didalami oleh KPK untuk mengungkap fakta yang sebenarnya. KPK mengimbau semua pihak untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan.

Poin-poin Penting:

  • KPK siap memberikan rekaman CCTV dan audio pemeriksaan Kusnadi kepada Dewas KPK.
  • Tessa meragukan klaim trauma Kusnadi dan meyakini penyidik bekerja profesional.
  • Kusnadi tetap akan dipanggil ulang untuk dimintai keterangan terkait kasus suap Harun Masiku.
  • KPK membantah tudingan undangan dadakan dan menegaskan surat panggilan sesuai prosedur.
  • KPK mengimbau semua pihak untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan.

Pertanyaan Umum (FAQ): Bantahan KPK atas Klaim Staf Hasto Dibentak dan Bukti CCTV


Q: Apa yang diklaim oleh staf Hasto Kristiyanto, Kusnadi?

A: Kusnadi mengaku dibentak hingga trauma saat diperiksa penyidik KPK terkait kasus suap buronan Harun Masiku. Ia meminta penjadwalan ulang pemanggilannya karena masih trauma dan merasa dibohongi.

BACA :  Jokowi Pecat Hasyim Asy'ari dari KPU: Terbukti Melakukan Tindakan Asusila

Q: Bagaimana tanggapan KPK?

A: KPK membantah klaim Kusnadi dan menyatakan siap menyerahkan rekaman CCTV dan audio dari proses pemeriksaan kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Tessa Mahardhika Sugiarto, Juru Bicara KPK, meyakini bahwa penyidik bekerja profesional dan sesuai dengan prosedur.

Q: Apakah Kusnadi tetap akan dipanggil KPK?

A: Ya, Kusnadi tetap akan dipanggil ulang untuk dimintai keterangan terkait kasus suap Harun Masiku. Pemanggilannya akan dilakukan setelah penyidik memiliki informasi yang cukup.

Q: Apa yang dilakukan KPK untuk memastikan kebenaran tuduhan Kusnadi?

A: KPK akan membuka rekaman CCTV dan audio dari proses pemeriksaan Kusnadi kepada Dewas KPK. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebenaran tuduhan yang disampaikan Kusnadi.

Q: Bagaimana KPK menanggapi tudingan undangan dadakan?

A: KPK membantah tudingan undangan dadakan yang diajukan oleh kuasa hukum Kusnadi. Tessa menegaskan bahwa surat panggilan telah disampaikan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Q: Apa imbauan KPK kepada semua pihak?

A: KPK mengimbau semua pihak untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan.

Sumber informasi:


IKUTI INDONESIAUPDATES.COM DI GOOGLE NEWS