Indonesia Updates
JakartaBeritaNasional

Kiai Mahbub: Haji Tanpa Visa Resmi Langgar Syariat dan Membahayakan Jamaah

×

Kiai Mahbub: Haji Tanpa Visa Resmi Langgar Syariat dan Membahayakan Jamaah

Sebarkan artikel ini
Image Credit Kementerian Agama - Keberangkatan Kelompok Terbang (Kloter) Pertama Haji 2024.
Image Credit Kementerian Agama - Keberangkatan Kelompok Terbang (Kloter) Pertama Haji 2024.

INDONESIAUPDATES.COM, NASIONAL  – Ketua Lembaga Bahtsul Masail Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LBM PBNU), K.H. Mahbub Maafi Ramdan, menegaskan pentingnya menjalankan ibadah haji sesuai dengan prosedur resmi yang ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi dan negara asal jamaah. Beliau menekankan bahwa praktik haji tanpa visa resmi merupakan pelanggaran terhadap syariat Islam dan dapat membahayakan para jamaah haji secara keseluruhan.

Kiai Mahbub menjelaskan bahwa haji tanpa visa resmi umumnya dilakukan melalui agen perjalanan yang tidak terdaftar dan tidak memiliki izin resmi. Praktik ini seringkali diiringi dengan janji-janji manis, seperti biaya yang lebih murah dan kemudahan proses keberangkatan. Namun, kenyataannya, jamaah haji yang berangkat melalui jalur ilegal ini seringkali mengalami berbagai masalah, seperti:

  • Keterbatasan dalam mendapatkan layanan darurat: Jamaah haji yang tidak terdaftar secara resmi di sistem pemerintah Arab Saudi tidak memiliki akses ke layanan kesehatan dan darurat yang memadai. Hal ini dapat membahayakan keselamatan mereka, terutama jika mengalami sakit atau kecelakaan selama di tanah suci.
  • Risiko serangan cuaca ekstrem: Jamaah haji yang tidak memiliki tempat tinggal resmi di Arab Saudi lebih rentan terhadap bahaya cuaca ekstrem, seperti badai pasir atau gelombang panas.
  • Kepadatan jamaah yang tidak terkendali: Praktik haji ilegal seringkali menyebabkan penumpukan jamaah di beberapa area kritis haji, seperti Masjidil Haram dan Mina. Hal ini dapat membahayakan keselamatan jamaah, terutama lansia dan anak-anak.
  • Kemacetan lalu lintas: Haji ilegal biasanya terkonsentrasi di beberapa titik tertentu, sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas yang parah di sekitar area tersebut. Hal ini dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan ibadah haji bagi semua jamaah.
  • Potensi razia dari otoritas Saudi Arabia: Jamaah haji ilegal selalu hidup dalam kecemasan karena potensi razia dari pihak berwajib Arab Saudi. Hal ini dapat membuat mereka tidak tenang dan tidak fokus dalam menjalankan ibadah.
BACA :   Polwan Mojokerto Diduga Bakar Suami Akibat Pertengkaran Soal Rekening

Kiai Mahbub mengajak masyarakat Indonesia untuk mematuhi prosedur formal dan regulasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah Arab Saudi atau negara asal jamaah. Hal ini tidak hanya untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan jamaah haji, tetapi juga sebagai bentuk penghargaan terhadap proses ibadah yang benar dan sesuai dengan ajaran Islam.

Menjalankan ibadah haji sesuai dengan aturan yang berlaku tidak hanya akan membantu mengantisipasi berbagai potensi masalah, tetapi juga dapat memastikan bahwa rangkaian manasik haji dapat terselenggara dengan baik, layak, dan nyaman bagi semua jamaah.

BACA :   Update Terbaru Kasus Pembunuhan Mayat Terbungkus Sarung di Pamulang: Dua Pelaku Ditangkap

Pertanyaan Umum (FAQ): Haji Mabrur, Patuhi Prosedur dan Hindari Haji Ilegal!


Q: Ketua PBNU bilang apa tentang haji tanpa visa resmi?

A: Kiai Mahbub Maafi Ramdan, Ketua LBM PBNU, menegaskan bahwa haji tanpa visa resmi itu melanggar syariat Islam dan berbahaya. Beliau menyarankan untuk mengikuti prosedur resmi yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi dan Indonesia.

Q: Kenapa haji ilegal bahaya?

A: Banyak risikonya! Diantaranya:

  • Tidak ada layanan darurat yang memadai.
  • Rentan terhadap cuaca ekstrem.
  • Kepadatan jamaah yang tak terkendali di area penting haji.
  • Macet parah karena penumpukan jamaah ilegal.
  • Was-was terus karena takut dirazia.

Q: Emang agen travel haji ilegal nawarin apa sih?

A: Biasanya mereka menawarkan biaya lebih murah dan proses mudah. Tapi ingat, ini janji manis yang berujung bahaya!

Q: Jadi, gimana caranya supaya ibadah haji tenang dan lancar?

A: Ikuti prosedur resmi! Daftar haji melalui Kementerian Agama dan gunakan biro travel yang berizin. Selain itu, jaga kesehatan dan pelajari manasik haji dengan baik.


IKUTI INDONESIAUPDATES.COM DI GOOGLE NEWS