Indonesia Updates
SukabumiBeritaJawa BaratNasional

Bocah Perempuan 3 Tahun di Sukabumi Meninggal Dunia Diduga Digigit Ular Welang Saat Tidur

×

Bocah Perempuan 3 Tahun di Sukabumi Meninggal Dunia Diduga Digigit Ular Welang Saat Tidur

Sebarkan artikel ini
Image Credit Lifestyle Kompas - Ular Welang
Image Credit Lifestyle Kompas - Ular Welang

INDONESIAUPDATES.COM, NASIONAL – Seorang bocah perempuan berusia 3 tahun bernama Khansa Tsurayyaa Amany meninggal dunia pada Minggu (12/5/2024) dini hari, diduga akibat digigit ular berbisa jenis welang. Peristiwa nahas tersebut terjadi saat Khansa sedang tertidur pulas di rumahnya di Kampung Subangkulon, Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Kronologi Kejadian:

Sekitar pukul 01:40 WIB dini hari, Khansa terbangun dan mengeluh sakit pada kaki kanannya kepada orang tuanya, Widagda Gapitan (28) dan Lina Karina (30). Saat itu, orang tua Khansa tidak menemukan adanya tanda bekas gigitan ular. Khansa kemudian kembali tidur, namun tak lama kemudian terbangun kembali dan merasa mual hingga muntah-muntah.

Saat hendak mengambil air minum untuk anaknya, ibu Khansa menemukan seekor ular welang sepanjang satu meter berada di pojok kamar. Curiga anaknya digigit ular berbisa tersebut, orang tua Khansa segera melarikannya ke RSUD R Syamsudin SH sekitar pukul 02.00 WIB untuk mendapatkan perawatan medis.

Meskipun telah diberikan serum anti bisa ular, nyawa Khansa tak ter助救 (zhù jiù – zhu jiu: selamatkan) dan ia menghembuskan napas terakhir sekitar 30 menit kemudian.

Upaya Pencarian Ular dan Penanganan Kasus:

BACA :   10 Tersangka Pengeroyokan Bos Rental Mobil di Pati Diamankan, Pelaku Sempat Bersembunyi di Hutan dan Kebun

Petugas Pemadam Kebakaran Dinas Polisi Pamong Praja dan Damkar Kota Sukabumi masih melakukan pencarian terhadap ular welang yang diduga telah menggigit Khansa hingga Minggu malam.

Sementara itu, pihak Polsek Cikole telah mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) dan melakukan pemeriksaan. Berdasarkan keterangan orang tua korban dan keberadaan ular yang ditemukan di kamar, polisi memastikan kejadian ini merupakan musibah. Jenazah Khansa telah dimakamkan di tempat pemakaman umum (TPU) yang tidak jauh dari rumahnya sekitar pukul 08.00 WIB.

Refleksi dan Imbauan:

Meninggalnya Khansa akibat digigit ular menjadi pengingat penting bagi para orang tua untuk selalu waspada terhadap bahaya ular berbisa di sekitar rumah, terutama saat anak-anak sedang tidur. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar menjadi langkah penting untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah.


Pertanyaan Umum (FAQ): Bocah Perempuan 3 Tahun Diduga Digigit Ular Welang di Sukabumi


Q: Bagaimana kronologi kejadian meninggalnya Khansa?

A: Khansa terbangun dan mengeluh sakit pada kaki kanannya sekitar pukul 01:40 WIB dini hari. Orang tua Khansa tidak menemukan bekas gigitan saat itu. Setelah kembali tidur, Khansa muntah-muntah dan orang tuanya menemukan ular welang di kamar. Khansa dilarikan ke rumah sakit namun meninggal sekitar 30 menit kemudian diduga akibat digigit ular.

BACA :   Cacing Hati dan Paru Berpenyakit Ancam Hewan Kurban di Jepara, DKPP Imbau Masyarakat Waspada

Q: Apakah ular yang diduga menggigit Khansa sudah ditemukan?

A: Hingga Minggu malam, petugas Pemadam Kebakaran masih melakukan pencarian terhadap ular welang tersebut.

Q: Apa yang dilakukan pihak kepolisian terkait kejadian ini?

A: Polsek Cikole telah mendatangi TKP dan melakukan pemeriksaan. Berdasarkan keterangan orang tua dan keberadaan ular, polisi menyimpulkan ini sebagai musibah.

Q: Bagaimana cara agar terhindar dari bahaya ular berbisa di rumah?

A: Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar menjadi penting untuk mencegah ular masuk. Orang tua juga perlu waspada dan memperhatikan kondisi anak saat tertidur.

Q: Apa yang harus dilakukan jika digigit ular berbisa?

  • Segera hubungi ambulans atau emergency medical service.
  • Tenangkan korban dan hindari gerakan yang berlebihan.
  • Lepaskan perhiasan atau pakaian ketat yang dapat menghambat aliran darah.
  • Jangan mengobati luka gigitan dengan cara dihisap, dikerok, atau diikat.
  • Tunggu bantuan medis dan informasikan jenis ular yang dicurigai jika memungkinkan.

IKUTI INDONESIAUPDATES.COM DI GOOGLE NEWS