Indonesia Updates
InternasionalBerita

Banjir Bandang Afghanistan Tewaskan 60 Orang, Puluhan Hilang

×

Banjir Bandang Afghanistan Tewaskan 60 Orang, Puluhan Hilang

Sebarkan artikel ini
Image Credit AFP - Banjir bandang melanda lima distrik di provinsi Baghlan, Afghanistan, pada 10 Mei 2024.
Image Credit AFP - Banjir bandang melanda lima distrik di provinsi Baghlan, Afghanistan, pada 10 Mei 2024.

INDONESIAUPDATES.COM, INTERNASIONAL – Afghanistan kembali dilanda bencana alam. Banjir bandang yang menerjang lima distrik di provinsi Baghlan sejak Jumat malam (10/5) telah menewaskan sedikitnya 60 orang dan melukai lebih dari 100 lainnya. Puluhan orang dilaporkan masih hilang tertimbun lumpur dan reruntuhan akibat terjangan banjir.

Hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut selama beberapa pekan terakhir ditengarai menjadi penyebab utama bencana ini. Menurut laporan, banjir di Afghanistan sejak pertengahan April telah menelan lebih dari 100 korban jiwa.

Upaya Penyelamatan Dilakukan

Meskipun terkendala minimnya penerangan, otoritas Taliban bergerak cepat melakukan upaya penyelamatan. Helikopter diterbangkan menuju lokasi bencana untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Personel darurat termasuk tentara juga dikerahkan untuk mencari korban yang hilang di bawah lumpur dan reruntuhan.

Untuk membantu para pengungsi, tenda, selimut, dan makanan telah didistribusikan. Banjir ini tak pelak menambah beban Afghanistan yang tengah dilanda krisis kemanusiaan dan ekonomi yang parah. Puluhan ribu warga terpaksa mengungsi akibat bencana ini, dan banyak lainnya membutuhkan bantuan makanan, tempat tinggal, dan perawatan medis.

BACA :   Waspada! Varian Baru Covid-19 FLiRT Mengintai, Vaksin Booster Jadi Senjata Rahasia?

Krisis Memburuk, Bantuan Internasional Diperlukan

Komunitas internasional didesak untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan. PBB bahkan telah mengeluarkan peringatan bahwa negara tersebut terancam mengalami “kelaparan besar” jika bantuan tidak segera digelontorkan.

Banjir bandang di Baghlan hanyalah sebagian dari rentetan bencana yang melanda Afghanistan. Sebelumnya, banjir di wilayah barat negara tersebut juga telah menyebabkan puluhan korban jiwa dan ribuan orang membutuhkan bantuan.


Pertanyaan Umum (FAQ): Banjir Bandang Afghanistan


Apa yang terjadi?

Banjir bandang melanda lima distrik di provinsi Baghlan, Afghanistan, pada 10 Mei 2024. Hujan deras yang terus menerus selama beberapa pekan menjadi penyebab utama bencana ini.

Berapa banyak korban jiwa?

Menurut laporan otoritas Taliban, sedikitnya 60 orang tewas dan lebih dari 100 lainnya terluka akibat banjir. Puluhan orang lainnya masih hilang.

BACA :   Proyek Tol Yogyakarta-Bawen Telan Korban Jiwa, Pencari Barang Bekas Tewas Tertimpa Tembok Rumah Terdampak

Apakah ada upaya penyelamatan?

Ya. Helikopter diterbangkan untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir. Personel darurat termasuk tentara juga dikerahkan untuk mencari korban yang hilang. Bantuan berupa tenda, selimut, dan makanan telah didistribusikan untuk para pengungsi.

Bagaimana dampak banjir ini terhadap Afghanistan?

Banjir ini semakin memperburuk krisis kemanusiaan dan ekonomi yang sudah ada di Afghanistan. Puluhan ribu warga terpaksa mengungsi dan membutuhkan bantuan makanan, tempat tinggal, dan perawatan medis.

Apakah bantuan internasional dibutuhkan?

Ya. Komunitas internasional didesak untuk meningkatkan bantuan kemanusiaan ke Afghanistan. PBB bahkan telah mengeluarkan peringatan bahwa negara tersebut terancam mengalami “kelaparan besar” jika bantuan tidak segera digelontorkan.

Apakah ini bencana banjir pertama di Afghanistan tahun ini?

Tidak. Sebelumnya, banjir di wilayah barat Afghanistan juga telah menyebabkan puluhan korban jiwa dan ribuan orang membutuhkan bantuan.


IKUTI INDONESIAUPDATES.COM DI GOOGLE NEWS